Selamat bagi Calon Peserta Didik(CPD) yang diterima di SMK N 1 Jepara

Pemanfaatan Hutan Mangrove Sebagai Kawasan Konservasi SMK Negeri 1 Jepara

Bekerja sama dengan sejumlah industri terkait dan kampus, SMK Negeri 1 Jepara mengupayakan pemanfaatan fungsi ekologis mangrove sebagai daerah pemijahan dan pengasuhan melalui tebar benih kepiting yang dilaksanakan pada Rabu (24/08).

Kegiatan yang dilaksanakan di kawasan konservasi hutan mangrove yang berada di area SMK Negeri 1 Jepara tersebut dihadiri oleh sejumlah tamu undangan yang mewakili berbagai bidang terkait, diantaranya Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, Yuni Indriati Rahayu, SE., MM. beserta Kepala Seksi Bidang SMK, Dr. Anon Priyantoro, S.Pd., M.Pd., Pengawas Pembina SMK Negeri 1 Jepara, Suharto, S.Pd., M.Pd., Ketua MKKS SMK Kab. Jepara, Drs. Aris Hidayanto, M.Si., serta beberapa Kepala SMK Negeri dan Swasta se Kabupaten Jepara.

Dalam sambutannya Kepala SMK Negeri 1 Jepara, Sugiyanto, S.Pd., S.ST., M.Pd., mengatakan bahwa Ia sangat berharap hutan mangrove yang telah terbentuk dan tersedia di area SMK Negeri 1 Jepara dapat dimanfaatkan secara keseluruhan mulai dari daun, buah, batang, hingga akarnya. Pihaknya juga akan terus mengembangkan area tersebut sebagai lahan penggemukan kepiting bakau sehingga kedepannya terbentuk kawasan agrominatani.

Program tebar benih kepiting bakau sepenuhnya dipandu oleh konsentrasi keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Jepara yaitu Agribisnis Perikanan Air Tawar dan Nautika Kapal Penangkap Ikan melalui pengembangan kurikulum berjalan. Selain itu bantuan perawatan dan keilmuan juga diupayakan kerjasama dengan Prodi Perikanan UNISNU Jepara dan Wisata Omah Piting Jepara.

Yuni Indriati Rahayu, SE., MM., selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II sangat berharap nantinya SMK Negeri 1 Jepara dapat menjadi SMK percontohan di bidang Agribisnis Perikanan dan olah konservasi alam hutan mangrove. SMK yang baik seharusnya mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan lingkungan.

09:04:30 WIB

24 Agustus 2022

Di posting oleh Administrator

Berita Lain